Bingung setelah lulus mau kuliah dimana ?

galau karena bingung dan suntuk milih jurusan di perguruan tinggi ?
tenang kawan, santai sejenak hembuskan nafas sambil berdzikir dan memikir.
sejanak berfikir dari awal yah, bismillahirohmannirohim…
diawali dengan berbagai fakta tentang siswa dan mahasiswa.
1. fakta tentang siswa, tentu saja siswa kelas XII yang lebih memfokuskan dirinya untuk mulai memikirkan keriernya yang dalam hal ini adalah memilih jurusan di perguruan tinggi. ada beberapa siswa yang benar-benar tidak mempunyai gambaran apapun untuk merencanakan, membuat pilihan dan menentukan pilihan jurusan untuk studi lanjutnya ke perguruan tinggi. ada juga siswa yang sudah mempunyai angan-angan untuk menentukan pilihan memilih jurusan.
2. faakta tentang mahasiswa. ada dua tipe mahasiswa dalam menjalani kehidupannya sebagai mahasiswa, yaitu : mahasiswa yang bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai mahasiswa, bisa seperti itu karena pada awal ketika masih menjadi siswa kelas XII sudah dapat merencanakan dan menentukan pilihan dengan matang sehingga dapat melaksanakan tenggung jawab sebagai mahasiswa dengan baik bahkan berprestasi yang membanggakan.dan ada juga mahasiswa yang tidak bertanggung jawab, karena diawalnya tidak bisa merencanakan dengan baik pilihan jurusan perkuliahannya sehingga dalam melaksanakan kehidupan perkuliahan ada saja alasan untuk tidak semangan dan tidak peduli apapun terhadap kegiatan perkuliahan, akibatnya banyak mahasiswa seperti itu yang malas mengikuti perkuliahan, hidup hedonis, dan yang paling parah adalah hingga keluar kuliah karena merasa tidak betah dan tidak ikhlas dalam menjalaninya.
Lalu bagaimana agar dapat merencanakan dan mematangkan pilihan jurusan di perguruan tinggi ?
sebelum menentukan pilihan pada salah satu jurusan di perguruan tingg, hal pertama adalah merencanakan diri dalam menyesuaikan pilihan yang diinginkan, yaitu denga cara sebagai berikut :
1. membuat draft minat. perhatikan dan catatlah hal-hal yang disukai dan tidak disukai, buatlah draft terpisah.
2. temukan hal yang paling membuatmu nyaman dalam draft minat.
3. bayangkan impian dan cita-cita kamu ingin menjadi apa dan seperti siapa? kemudian catat juga sifat, ciri khas, dan keunikan dari impian kamu.
4. cocokkan impian kamu dengan draft minat, kemudian amati apa ada yang berlawanan atau tidak.
5. jika sudah menemukan kecocokan, konsultasikan dengan orangtua, saudara, guru BK di sekolah, atau orang yang berpengalaman.
6. perhatikan akreditasi jurusan pada perguruan tinggi tersebut. untuk melihat daftar jurusan dan perguruan tinggi lihat di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s