SNMPTN, Passing Grade atau Minat?

Di dunia SNMPTN ada yang namanya passing grade yaitu batas tertentu agar kita bisa lolos, tetapi terkadang kita dibingungkan memilih antara passing grade atau minat. Passing grade atau minat membuat sebagian siswa bingung bahkan menjadi stress, jadi harus manakah yang kita pilih?

Saya akan bicara mengenai ITB, di ITB ada yang namanya TKR (Tingkat Kesulitan Relatif). Prinsipnya TKR sama dengan passing grade, hanya saja keakuratan TKR lebih tinggi dibanding passing grade. Sebenarnya passing grade sendiri bukan panitia snmptn yang mengadakan, tetapi bimbel-bimbel yang melihat dari hasil try out siswa yang kemudian lulus SNMPTN.

PERGURUAN TINGGI

Passing Grade atau Minat?

Saya ambil contoh misalnya dilembaga bimbel Z hanya ada tiga orang yang mau memilih jurusan kedokteran si A, B, dan C, Mereka masing-masing mendapat nilai tryout terakhir 64, 57, dan 62. Setelah SNMPTN mereka bertiga lulus, dan lembaga bimbel pun mengetahui mereka lulus SNMPTN selanjutnya. Dengan asumsi mereka yang lulus lembaga bimbel membuat passing grade dari jurusan dan PTN ke tiga pilihan anak tersebut, yaitu (nilai tryout siswa yang lulus SNMPTN terkecil). Dalam kasus diatas berarti passing grade untuk kedokteran di PTN tersebut adalah 57.

Itu hanya contoh saja, mungkin ada metode lain yang dipakai. Selanjutnya, Setelah lembaga bimbel mendapatkan nilai passing grade ma masing masing jurusan di suatu PTN, maka siswa-siswa yang hendak akan SNMPTN tahun selanjutnya menjadikan passing grade tersebut patokan kelulusan di TryOut mereka. Dari TryOut itu, mereka dianggap lulus jika melewati atau sama dengan passing grade jurusan yang mereka pilih dan sebaliknya.

Berbeda halnya dengan passing grade, TKR atau Tingkat Kesulitan Relatif diambil datanya dari PTN yang melakukan SNMPTN. Jadi keakuratannya lebih tinggi. Saran saya, jika kalian memilih ITB melalui jalur SNMPTN tulis pertimbangkan TKR-nya.

Sering berjalannya waktu, siswa menjadikan passing grade tersebut sebagai patokan mereka memilih jurusan. Padahal seharusnya siswa tetap memilih jurusan dengan minatnya. Dengan hal yang seperti ini, jika nanti siswa lulus pun cenderung kurang antusias dalam perkuliahan.

Berbeda halnya dengan yang tetap memilih jurusan dengan minat, jika nanti mereka belum lulus di TryOut mereka tidak akan mudah menyerah begitu saja, mereka akan cenderung belajar lebih lagi untuk mencapai target mereka dan jika nanti mereka lulus diterima dijurusan minatnya, neraka akan antusias dalam kegiatan perkuliahannya.

Passing grade atau minat dalam memilih jurusan

Sekali lagi passing grade atau minat? jawabannya minat. Dengan catatan bahwa jurusan tersebut adalah jurusan yang benar-benar dia inginkan, bukan karena paksaan atau faktor lain. Saya sering melihat siswa yang memaksakan memilih jurusan tersebut bukan karena minatnya, tetapi karena gengsi dan self concept dari luar. Orang tua juga seharusnya mendorong anaknya, bukan memaksakan anaknya, karena saya melihat sebagian orang tua memaksakan anaknya untuk masuk di jursan yang bukan benar-benar minatnya.

Passing Grade tidak berpengaruh bagi mereka yang mendapatkan undangan. Ingat untuk tahun 2011 dan selanjutnya jalur masuk PTN melalui SNMPTN ada dua, SNMPTN Tulis dan SNMPTN Undangan. Jika SNMPTN Tulis melihat kelulusan dari nilai mereka ujian maka SNMPTN Undangan melihat kelulusan siswa dari nilai Raport semester 1 sampai 5. Untuk memilih jurusan melalui SNMPTN Undangan perhatikan juga berapa banyak siswa yang memiliki minat terhadap jurusan tersebut, baca [PTN terfavorit pasca SNMPTN Undangan].

Itu saran saya, tetapi keputusan tetap ada ditangan kalian. Pikirkanlah faktor-faktor lain juga dalam memilih jurusan seperti biyaya, kampus, lingkungan, masa depan, dll. Sekali lagi, jangan sampai bingung memilih antara passing grade atau minat.

sumber :

http://www.blogdiar.net/edukasi/inspirations/snmptn-passing-grade-atau-minat.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s