PTN Teravorit Pasca SNMPTN-Undangan

Setelah mendaftar menjadi peserta SNMPTN-Undangan maka timbulah pertanyaan, “bagaimana peluang saya diterima di PTN tersebut?”. Itulah pertanyaan yang palign umum ditanyakan siswa-siswi peserta SNMPTN-Undangan, atas alasan itulah saya mengutip beberapa berita yang bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut.

JAKARTA – Pendaftaran Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 telah ditutup. Tercatat, 132 ribu siswa kelas 12 mendaftar melalui jalur SNMPTN yang baru dibuka tahun ini tersebut.

Hasil rekapitulasi pendaftar jalur undangan menunjukkan, tiga perguruan tinggi (PTN) di Pulau Jawa menjadi favorit para pendaftar. Di posisi pertama ada Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, dengan 68 program studi (prodi), disusul dengan Universitas Indonesia (UI) dengan 55 prodi. Peringkat ketiga ditempati Universitas Padjadjaran (Unpad) yang memiliki 41 prodi, 22 prodi pada kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan 19 prodi pada kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

 

Total, ada 27.292 pendaftar yang memilih Unpad melalui jalur undangan SNMPTN 2011. Pada jalur ini, ada lima besar prodi di Unpad sebagai PTN pilihan I, yaitu program studi Pendidikan Dokter (1.801 orang), Akuntansi (1.750 orang), Ilmu Komunikasi (1.272 orang), Manajemen (1.044 orang), dan Farmasi (910 orang).

Para pendaftar jalur undangan itu nantinya masih akan melalui proses seleksi di kampus pilihan mereka. Di Unpad misalnya, mekanisme seleksi untuk menjaring 416 calon mahasiswa ditambah dengan calon mahasiswa dari Bidik Misi sebanyak 500 orang, akan dilakukan melalui prestasi calon mahasiswa berdasarkan nilai rapor selama lima semester. Tidak hanya itu, ada beberapa kriteria lain yang masih akan dipertajam untuk mendapatkan calon mahasiswa Unpad yang benar-benar unggul.

“Kriteria penilaian tersebut tidak bisa sembarangan dibuat karena akan dilaporkan Rektor kepada Panitia Pusat SNMPTN 2011 sebagai masukan proses seleksi secara nasional di masa datang,”kata Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Husein H. Bahti seperti dikutip dari keterangan tertulis Unpad, Rabu (23/3/2011).

Hasil seleksi tersebut akan diumumkan serentak pada Rabu, 18 Mei 2011. Mereka yang lulus pada jalur undangan harus menyiapkan biaya minimal sama dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh calon mahasiswa yang lulus Ujian Tulis SNMPTN.

Di Unpad, para calon mahasiswa akan dikenakan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Rp2 juta, dan Dana Pengembangan (DP) Rp4 juta. BPP selanjutnya dibayar setiap semester, sementara DP hanya dibayar satu kali pada saat registrasi.

Mengingat tidak semua calon mahasiswa berasal dari kalangan mampu, Unpad juga mengimbau kepada para orang tua calon mahasiswa yang mampu untuk dapat memberi lebih dan berpartisipasi dalam program Beasiswa Sauyunan. Program ini dimaksudkan untuk membantu meringankan calon mahasiswa baru dalam membayar biaya masuk ke Unpad dan telah diberlakukan sejak 2010 lalu. (rfa)(rhs)

Berikut peringkat 10 perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan jumlah pendaftar terbanyak lewat SNMPTN jalur undangan.

  1. Universitas Gadjah Mada, 34.922 pendaftar
  2. Universitas Indonesia, 32.363 pendaftar
  3. Universitas Padjadjaran, 27.292 pendaftar
  4. Universitas Diponegoro, 23.010 pendaftar
  5. Universitas Brawijaya, 21.560 pendaftar
  6. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 19.258 pendaftar
  7. Universitas Negeri Yogyakarta, 19.254 pendaftar
  8. Institut Pertanian Bogot, 17.203 pendaftar
  9. Universitas Negeri Surabaya, 16.655 pendaftar
  10. Univesitas Negeri Semarang,16.258 pendaftar

sumber :

http://www.blogdiar.net/edukasi/ptn-teravorit-pasca-snmptn-undangan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s